Cara Kerja LAN

LAN ( Local Area Network) adalah jaringan komputer. Pada dasarnya LAN adalah sebuah alat pada jaringan komputer yang bekerja disatu gedung atau satu ruangan. Jadi LAN digunakan untuk jaringan internal dengan areal yang terbatas. LAN digunakan untuk jangkauan yang kurang dari 1000 meter.

Cepat atau lambat penggunaan LAN untuk media penghubung antar komputer akan banyak digunakan. Penggunaa LAN sangat dibutuhkan oleh pemakai diperkantoran atau rumah untuk menghubungkan sumber daya komputer ( disk drive / floppy drive, harddisk, printer, cd-room, dan lain-lain ) yang terbatas dimiliki antara komputer tersebut pada ruang yang berbeda. Jadi dengan adanya LAN sangat membantu para pengguna komputer dalam bekerja, terutama diperkantoran.

Dapat saling berbagi (sharing) penggunaan peralatan yang ada, baik itu harddisk, printer, modem, tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan. Denga demikian terjadi peningkatan efesiensi waktu dan biaya pembelian hardware.

Dapat saling berbagi(sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation. Dengan demikian untuk mendapatkan suatu informasi tertentu dapat dilakukan dengan cepat. Dalam hal ini terjadi peningkatan efesiensi waktu.

Aplikasi software dapat dipakai bersama-sama (multiuser).

Dapat mengatur hak penggunaan data-data yang bersifat rahasia melalui pemberian hak akses, nama pengguna dan password.

Mempercepat waktu komunikasi antar pemakai melalui e-mail atau LAN Conference

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Cara Kerja LAN"

Posting Komentar